MARI MEMBACA. Powered by Blogger.

Taman Victoria yang terlupakan

Ditulis oleh: -

Taman Victoria merupakan tempat yang bersejarah di kota ambon, sejak bangsa portugis taman ini telah ada namun namanya bukan taman Victoria hingga belanda memukul mundur bangsa portugis dan mengambil alih kota ambon, sejak saat itulah taman ini diberi nama taman Victoria. Taman Victoria terletak di pusat kota, tepatnya di kecamatan sirimau berhadapan dengan pantai losari Mahardika.
Mendengar kata “taman” mungkin
terbayang di benak kita suasana yang hijau, di tumbuhi bunga-bunga yang indah serta pepohonan yang sejuk dilengkapi dengan bangku-bangku yang tersusun rapih dan bersih. Sama dengan yang ada di ambon taman Victoria ini tumbuh rumput hias, dengan pepohonan yang rindang, bangku-bangku kecil, namun sayangnya taman ini tidak terawat sehingga terlihat sangat kotor. Bukan hanya gerobak yang mengisi taman ini melainkan juga sekumpulan kambing yang menjadi penghuni tetap taman ini. Sangat disayangkan tempat yang bersejarah ini dijadikan sebagai kandang kambing dan tidak dimanfaatkan sebagai mana mestinya.
Melihat taman Victoria yang memiliki tempat yang sangat strategis karena berdekatan dengan pantai, dan berada di pusat kota ambon. Sangat disayangkan jika hanya dibiarkan begitu saja tidak terurus layaknya sebuah taman yang bersejarah. Bisa kita bayangkan jika taman ini betul-betul terurus dapat kita nikmati suasana yang membuat hati nyaman, setelah seharian bekerja, dengan suasana kota yang panas, padat dan menyesakkan. Dengan adanya taman ini dapat mengurangi ketegangan dan rasa lelah.
Semoga masyarakat khususnya pemerintah kota ambon sadar akan keberadaan taman Victoria ini, agar dapat berbondong-bondong untuk merawat dan menjaga taman ini, sehingga taman Victoria berfungsi sebagai tempat yang sangat ingin dikunjungi jika ke kota ambon, dan tidak lagi menjadi kandang kambing seperti saat ini.

0 comments "Taman Victoria yang terlupakan", Baca atau Masukkan Komentar